UPDATE!!

Wisata Kota Surabaya Yang Wajib di Kunjungi Sahabat Travelers

TRAVELER JAKARTA

Hello Sahabat Travelers

Long Weekend kemarin Kita sudah seru seruan di Bali dan Bandung, Weekend kali ini, Saya akan share tempat tempat wisata sejarah di Kota Surabaya yang bisa menjadi referensi untuk Sahabat kunjungi saat berlibur di Kota Surabaya.

Perjalanan ke Surabaya, Saya mulai dari Jakarta – Surabaya pada tanggal 13 – 17 November 2020, menggunakan makapai Citilink dengan harga Rp 1.124rb untuk pulang pergi. Saya tiba di Kota Surabaya pukul 8:45pm, Saya langsung menuju hotel dan makan malam.

QUES HOTEL DARMO SURABAYA
Untuk hotel di hari pertama di Kota Surabaya, Saya menginap di Quest Hotel Darmo Surabaya seharga Rp 550rb/malam dengan tipe kamar executif dan termasuk sarapan pagi. Sahabat bisa liat full reviewnya di sini atau video di bawah.

Wisata pertama yang Saya kunjung di Kota Surabaya adalah Taman Sket dan BMX Surabaya. Di taman ini terdapat area untuk bermain sket dan Bmx yang di gunakan untuk berolaraga oleh komunitas Sket dan BMX di Surabaya. Taman ini juga menjadi tempat para Wisatawan bersantai menikmati Sungai Kalimas dan berfoto-foto tugu air mancur suroboyo, keren kan. Taman ini bisa jadi referensi Sahabat untuk di kunjungi saat berlibur di Kota Surabaya. Taman Sket dan BMX berlokasi di Jl. Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota Surabaya.

TAMAN SKET DAN BMX SURABAYA
Lanjut, tidak jauh dari Taman Sket dan BMX, Kita bisa mengunjungi Monumen Kapal Selam Surabaya. Monumen Kapal Selam adalah Museum Kapal Selam KRI Pasopati 410, yang merupakan salah satu armada Angkatan Laut RI buatan Uni Soviet tahun 1952 yang lalu. Kemudian di bawa ke darat dan di jadikan Monumen untuk memperingati Para Pahlawan Indonesia.

MONUMEN KAPAL SELAM SURABAYA
Di Monumen ini Sahabat dapat melihat semua isi dari Kapal Selam KRI Pasopati 410, mulai dari Ruangan Kapten Kapal, Tempat tidur anak buah kapal, dapur, dan lainnya. Tidak hanya itu, disini juga Sahabat dapat menyaksikan film dokumenter mengenai Monumen Kapal Selam. Gimana!! penasaran, kuy datang ke Monumen Kapan Selam di Jl. Pemuda No.39, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota Surabaya dan untuk harga tiket masuk Monumen Kapal Selam seharga Rp 15rb saja.

Wisata selanjutnya, Jembatan Suramadu di Surabaya. Jembatan panjang yang cantik ini merupakan Jembatan yang menghubungkan Kota Surabaya dan Madura. Jembatan ini di resmikan oleh Bapak SBY pada tahun 2009 yang lalu.

JEMBATAN SURAMADU
Jembatan Suramadu memiliki panjang kurang lebih 5,4 km yang di bangun selama enam tahun dengan biaya Rp +4.5m. Pada awalnya jembatan suramadu hanya dapat di lalui oleh kendaraan roda empat (jalan toll), kemudian Pemerintah merevisi PP sehingga terdapat jalur sepeda motor dan motor bisa melewati jembatan suramadu. FYI Sahabat, pada tanggal 27 oktober 2018, untuk melewati jembatan suramadu sudah tidak dikenakan tarif lagi ya (gratis).

TUGU PAHLAWAN SURABAYA
Hari kedua, lanjut jalan jalan ke Tugu Pahlawan Surabaya. Tugu Pahlawan ini merupakan marka tanah Kota Surabaya. Kalau Sahabat masih ingat dengan pelajaran sejarah tentang peristiwa 10 November 1945. Tugu ini menjadi monumen untuk mengenang para pahlawan yang berjuan pada 10 november 1945 tersebut dan peristiwa itu dinobatkan sebagai peristiwa paling bersejarah di Kota Surabaya. Sahabat bisa check videonya di bawah ini.

Sahabat bisa berkunjung ke Tugu Pahlawan Surabaya untuk berlibur dan belajar sejarah. Sayangnya saat ini, Tugu Pahlawan masih masa streril, jadi Saya belum bisa masuk ke dalam kawasannnya. Mudah mudahan saat nanti Saya kembali ke Surabaya, Saya bisa masuk ke dalam kawasannya. Tugu Pahlawan Surabaya terletak di Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Kota Surabaya.

MONUMEN PANGLIMA BESAR JEND. SUDIRMAN
Lanjut, ke Monumen Panglima Besar Jendral Sudirman di Jl. Yos Sudarso. Kota Surabaya. Monumen ini terletak di Pusat Kota Surabaya, dekat dengan Balai Kota, Gedung Parlemen dan lain. Sahabat akan mudah menemukan Monumen ini. Dimonumen ini juga terdapat kata kata mutiara yang dapat memotivasi untuk generasi seperti Kita saat ini. Cocok jalan jalan sambil belajar.

Lanjut, ke Museum House Of Sampoerna. Merupakan museum tembakau dan markas Sampoerna terbesar yang terletak di Kota Surabaya. Museum ini terletak di Jl. Sampoerna No 6, Krembangan Utara, Pabean Cantian, Kota Surabaya.

Baca Juga : Kuliner Legendaris Kota Surabaya

Dimuseum ini, Kita dapat belajar sejarah tentang kretek, berfoto, nongkrong di cafe dan membeli suvenir, serukan. Sayangnya saat Saya kesini Museum ini masih tutup karna covid19, semoga Saya dapat kembali lagi dilain waktu.
Banyak sekali tempat wisata yang keren untuk dikunjungi saat di Kota Surabaya, Sayangnya tidak banyak waktu untuk Saya explore Surabaya, karna hari selanjutnya Kita akan menikmati Sunset di Gunung Bromo, Sahabat bisa cek keseruan di sini.