UPDATE!!

Kuliner Legendaris Kota Salatiga

TRAVELER JAKARTA
HELLO SAHABAT TRALER’S
Short escape, have you ever? Kota ini berjarak 500km dari Jakarta yang bisa Sahabat tempu dengan menggunkan Kereta, Kendaraan Pribadi, dan Udara.  Kota ini terletak di antara Kota Semarang dan Kota Solo, pasti Sahabat sudah bisa menebak ya!! Benar Kota Salatiga. Weekend ini Saya akan Short Escape di Kota Salagita untuk menikmati Kuliner Legendari Kota Salatiga.
JAKARTA - SEMARANG
Perjalanan Saya mulai dari Jakarta - Semarang +55menit menggunakan maskapai Citilink dengan harga tiket Rp 1.150rb untuk pulang pergi dan dilanjutkan dengan kendaraan +45menit  untuk sampai ke kota salatiga. Untuk kendaraan selama di Kota Salatiga, Kita menggunakan Jasa Sewa Mobil seharga Rp 250rb/hari.

Kota Salatiga sangat cocok untuk Sahabat yang ingin mengabiskan weekend bersantai dan staycation. Kota Salatiga terletak di bawah kaki Gunung Merbabu sehingga Kota ini memiliki udara yang sangat sejuk dan nyaman.  Selain itu, Kita bisa menikmati banyak kuliner legendaris  yang super enak.

Saya tiba di Kota Salatiga pukul  7pm, dan langsung menuju Warung Makan Pak Man untuk  makan malam. Warung Pak Man terletak  di Jl. Sukowati , Warung Makan ini telah buka +25th walaupun sering berpindah tempat dan sekarang dikelola oleh Anak dari Pak Man.

KOLAKE AYAM PAK MAN

Menu yang  jadi favorite di Warung Pak Man selain Nasi Goreng adalah Kolake dan Kamar Bola. Kolake  merupakan salah satu masakan Tionghoa-Indonesia yang menggunakan bahan baku dari daging ayam, ikan, udang, jamur dan dibumbui dengan saus asam manis merah. Sahabat yang suka Kuliner Chiness Food Warung Pak Man wajib di coba saat berkunjung di Kota Salatiga.

LARAS ASRI RESORT & SPA

Selesai makan malam, Saya lanjut ke Laras Asri Resort & SPA untuk berisitrht. Hotel bernuansa Resort Khas Jawa.  Untuk Kamar Stardart dengan Twid Bed, Saya dapat dengan harga Rp 400rb termasuk sarapan pagi. Sahabat bisa liat Laras Asri Resort & SPA selengkapnya di sini.

Jl. MONGINSIDI SALATIGA
Esok hari selesai sarapan, Saya menuju pelataran di Jalan Monginsidi untuk menimati pemandangan Gunung  Merbabu di pagi hari. Disepanjang jalan ini saat pagi hari dimanfaatkan warga sekitar untuk lari pagi dan bersepeda. Dan  pada dan siang hingga sore, lokasi ini menjadi tempat kuliner anak muda, banyak cafe-cafe lucu buka di sore hari hingga malam.

ALUN ALUN PANCASILA
Lanjut berkeliling Alun Alun Salatiga atau Alun Alun Pancasila. Disini terdapat fasilitas umum seperti Taman, Lapangan , Jogging Track dan beberapa Alat Olaraga. Sahabat bisa mampir ke Alun Alun Pancasila saat berlibut ke Kota Salatiga, Saat minggu pagi lokasi ini jadi tempat favorite untuk berolaraga.

Setelah berkeliling santai di Alun Alun Pancasila, waktunya untuk menikmati makan siang. Menu makan siang hari ini Lotek Monza 12. Lotek, menu makanan yang hampir mirip dengan Gado Gado atau Pecel, perbedaannya Lotek di campur dengan mie kuning dan gorengan. Saya baru pertama kali mencoba Kuliner Lotek.

LOTEK MONZA 12
FYI Sahabat, Lotek Monza 12 sudah ada kurang lebih 20 tahun, Lotek ini juga dekenal dengan pangilan Lotek Monginsidi. Lokasinya beradi di Jl. Monginsidi No.12, Kota Salatiga. Untuk harga mulai dari Rp 7rb – Rp 15rb. Tersedia di aplikasi Gofood.

Setelah kenyang , Saya lanjut menuju Hotel untuk proses check in dan bersantai. Untuk Hotel di hari ke dua di Kota Salatiga, Saya menginap di Le Beringin Hotel, yang berlokasi di Jl. Jend. Sudirman No.160 Kota Salatiga. Kamar dengan tipe Executive Room dengan harga Rp 700rb permalam.

LE GARDEN HOTEL
Sorenya, Saya lanjut menuju Kuliner Legenda lainnya yaitu “Ronde jago” yang pass saat Saya berkunjung  cuaca hujan, membuat menikmati  Ronde jadi tambah mantap.  Wedang Ronde di Ronde Jago seharga Rp15rb. Selain itu juga tersedia Wedang Ronde Kacang dan Wedang Ronde Campur serta pilihan makanan berupa Batagor & Mie Ayam.

RONDE JAGO SALATIGA
Ronde Jago berdiri sejak  tahun 1964 atau sudah ada lebih dari 50 tahun. Ronde Jago terletak di Jl. Jend. Sudirman No.9 Kota Salatiga. Ronde Jago wajib masuk list kuliner Sahabat saat berkunjung di Kota Salatiga.

Lanjut makan malam. Menu legendaris berikutnya adalah Nasi Goreng Pak Joko atau dikenal dengan Nasi Goreng Jowo. Nasi Goreng Pak Jogo selalu ramai dengan pengunjung. Tersedia juga  tempat makan lesehan dibagian depan. Tidak hanya menyediakan Nasi Goreng, Kedai Pak Joko juga menyediakan Mie Goreng, Mie Godog, Nasi Ruwet dan lain lain. Yang spesial semua makanan yang disajikan, dimasak menggunakan tungku bara yang membuat rasanya lebih maknyus.

NASI GORENG PAK JOKO
Untuk harga makanan Kedai Nasi Goreng Pak Joko mulai dari Rp 10rb – Rp 25rb dan Nasi Goreng Pak Jogo terletak di Jl. Patimura No.48, Kota Salatiga. Buka dari pukul  7:00pm – 11:00pm. Dan Selesai makan malam, Saya kembali ke Hotel untuk beristrahat.

Esok harinya. Dipagi hari Saya menuju menuju ke Soto Esto untuk sarapan. Soto Esto merupakan kuliner legendari  di Kota Salatiga. Soto Esto telah berdiri sejak tahun 1953, sudah ada sejak 60 tahun yang lalu dan saat ini sudah dijalankan oleh Generasi ke-2.  Sebelumnya Kedai Soto Esto berupa tenda yang berlokasi di depan Pool Bus Esto.

SOTO ESTO
Saat ini sudah berpindah tidak jauh dari lokasi sebelumnya dan berada di bangunan rumah. Soto Esto beralamat di Jl. Langensuko No.4, Kota Salatiga. Soto Esto sangat cocok Sahabat coba untuk sarapan pagi.

Setelah selesai sarapan, Saya menuju  Pematang Sawah di Jl. Imam Bonjol, Kota Salatiga untuk menikmati Pemandangan Sawah yang  “WOW” dengan latar belakang Gunung Merbabu yang eksotik.

SAWAH SALATIGA
Lanjut, masih dengan Pemandangan Alam yang sangat cantik “Pohon Pengantin”. Pohon ini berada ditengah sawah dan merupakan satu-satunya pohon dengan bentuk yang unik yang terletak di tengah sawah, membuatnya terlihat tambah cantik, dengan hamparan padi dengan background Pegunungan.

POHON PENGANTIN SALATIGA
Menikmati udara segar dengan pemandangan yang indah membuat betah untuk berlama lama di Pohon Pengantin. Pohon Pengantin terletak di Jl. Pulutan, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga. Lokasi ini bisa jadi referensi wisata untuk Sahabat yang akan berlibur ke Kota Salatiga.

Saya melanjutkan ke salah satu Perkampungan di Kota Salatiga yang dikenal dengan Pusat Oleh-Oleh Singkong . Toko Pusat Oleh –Oleh olahan singkong yang populer di Kota Salatiga adalah Kedai Singkong Keju D-9. Kedai ini menjual berbagai macam olahan singkong dengan beberapa pilihan rasa, seperti, original, keju, coklat, dan banyak lagi. Tidak hanya itu Kedai Singkong Keju D-9 juga menjual dalam kemasan freezer siap goreng yang cocok untuk jadi oleh-oleh. Singkong dalam kemasan freezer ini bisa bertahan 24 jam suhu normal, dan 2-4 hari kondisi beku.

SINGKONG KEJU D-9 SALATIGA
Waktu mulai siang. Waktunya Saya kembali ke Hotel, bersih bersih, packing dan bersiap-siap kembali ke Kota Semarang dan terbang kembali ke Jakarta.

Karena Penerbangan Saya di malam hari, masih ada waktu untuk singgah di Dusun Semilir yang berada di daerah Bawen.  Saat tiba dilokasi, Tempat Wisata masih cukup ramai pengunjung , Saya memutuskan untuk tidak masuk ke dalam area Tempat Wisata dan segera meninggalkan lokasi, mengingat kondisi saat ini, kurang baik untuk berkerumun di tempat wisata. Mungkin trip selanjutnya Kita akan bahas Wisata Dusun Semilir. Saya melanjutkan perjalanan ke Kota Semarang.

DUSUN SEMILIR
Sampai di Kota Semarang, Saya singgah ke Resto Kepala Ikan Pak Untung untuk makan siang. Menu yang saya order yang juga merupakan favorite banyak pengunjung adalah Gulai Belly Nila. Untuk harga di Resto Kepala Ikan Pak Untung ini cukup bersahabat, mulai dari Rp 15rb – Rp 35rb saja.

GULAI KEPALA IKAN PAK UNTUNG
Selesai makan siang, Saya mampir ke Tentrem Mall di Jl. Gajah Mada No. 123 Semarang dan Toko Pelangi untuk membeli Cheese Chiffon Cake sebagai oleh-oleh. Cheese Chiffon Cake ini sangat lembut dengan potongan keju yang sangat terasa. Untuk Sahabat yang ingin coba Cheese Chiffon Cake siap ngantri ya, karna oleh oleh ini masih cukup favorite.

TENTREM MALL SEMARANG
Makan siang sudah, Oleh-Oleh sudah, Waktunya Saya untuk menuju Bandara Ahmad Yani, check in dan bersiap kembali ke Jakarta.

Terimakasih telah mengikuti perjalanan Short Escape Saya di Kota Salatiga, semoga bisa memberikan sedikit informasi dan referensi Kuliner untuk Sahabat yang memiliki rencana berlibur di Kota Salatiga. Selamat berakhir pekan, sehat selalu, pakai masker dan rajin cuci tangan ya!!

STAY SAFE & HAPPY WEEKEND

1 comment:

1. Next silahkan mampir di gerai kami the Nekad Crab, sensasi miting tanpa piring pertama di Salatigalokasi jl. Jend. Sudirman 340b (ABC) kl 100m an arah k Solo kl dr laras asri hotel...