UPDATE!!

Dokumen Persyaratan Dan Prosedur Terbang NEW NORMAL

HELLO SAHABAT TRAVELER’S
Happy Weekend!! Kali ini Saya akan sedikit share pengalaman terbang New Normal dan merupakan penerbangan pertama Saya setelah kurang lebih 3-4 bulan Kita di #RumahAJA. Ada beberapa Dokumen Persyaratan dan Prosedur yang harus Sahabat siapkan saat akan melakukan penerbang di era New Normal. Perjalan yang Saya lakukan adalah penerbangan Jakarta - Semarang return.
DOKUMEN PERSYARATAN
Dokumen Peryaratan Terbang New Normal :

1.      KTP
2.      Boarding Pass
3.      Rapid Test atau PCR yang telah di Validasi oleh KKP
4.      Mengisi Aplikasi e-HAC atau Kartu Kewaspadaan Kesehatan

Prosedur Terbang New Normal :

Pertama, Hal yang Sahabat lalukan setelah membeli tiket pesawat adalah melakukan Rapid Test atau PCR di Klinik yang telah disaran sarankan oleh Gugus Tugas Covid19.Untuk Rapid Test, Saya mendapatkan di Garuda Sentra Medika di Jl. Angkasa, Gunung Sahari Selatan, Kemayoran. Jakarta Pusat.
GARUDA SENTRA MEDIKA
Karna Saya telah memiliki tiket dari Maskapai yang bekerja sama dengan Klinik, Kita akan mendapatkan harga lebih murah saat Rapid Test di Garuda Sentra Medika.
Untuk Hasilnya, Sahabat bisa menunggu + 30 menit kemudian. Jika Sahabat tidak bisa menunggu, Sahabat bisa meminta petugas untuk mengirimkan softcopy ke alamat email Sahabat. Masa berlaku Rapid Test 14 hari dari tanggal permohonan.
PAKET RAPID TEST
Kedua, Setelah Sahabat mendapatkan hasil Rapid Test atau PCR dan tiba di Bandara,  Sahabat harus pergi ke loket validasi kelengkapan dokumen di pintu masuk Bandara untuk mendapatkan Stempel. Untuk Garuda Domestik berada di Gate 3.

Ketiga, Setelah mendapatkan Stempel Validasi dari petugas. Petugas akan meminta Sahabat untuk mendownload Aplikasi e-HAC ( Baca Disini Lengkapnya ) dan mengisi data diri sesuai dengan tujuan keberangkatan, no penerbangan, dan kota asal di aplikasi e-HAC.
Setelah selesai mengisi aplikasi e-HAC, Kita akan mendapatkan Kode QR yang akan di gunakan saat tiba di kota tujuan. Atau Sahabat bisa juga Kartu Kewaspadaan Kesehatan yang di tulis tangan.

 APPLIKASI E-HAC
Keempat, Selanjutnya, Print Bording Pass Sahabat. Disini, dokumen Sahabat juga akan di periksa oleh Staff Maskapai sebelum mereka memberikan Bording Pass.
Catatan : Sahabat tetap bisa melakukan print bording online sendiri.

Kelima, Setelah mendapatkan Bording Pass, saat Sahabat menuju ruang tunggu, Petugas kembali memeriksa Dokumen Kelengkapan, KTP, Hasil Rapid/PCR yang telah di validasi, dan Bording Pass.
LOKET PEMERIKSAAN DOKUMEN
Keenam, Sesaat akan masuk ke Pesawat, Staff Penerbangan kembali memeriksa Dokumen Kelengkapan, KTP, Hasil Rapid/PCR yang telah di validasi, dan Bording Pass. Setelah selesai, Sahabat siap untuk terbang.

Ketujuh, Saat tiba di Kota Tujuan, Petugas akan meminta Sahabat untuk menyiapakan Kode QR/ Kartu Kewaspadaan Kesehatan yang di tulis tangan yang telah Sahabat isi sebelumnya di terminal kedatangan. Sahabat telah sampai di Kota Tujuan dan Selesai.
Catatan : Prosedur ini juga berlaku untuk Sahabat kembali ke Kota asal, tapi tidak perlu lagi untuk melakukan Rapid Test saat kembali ke Kota asal.

PENTING!! Yang Harus Sahabat Lakukan Saat Di Bandara :

1. Selalu Menjaga Kesehatan
2. Rajin Mencuci Tangan
3. Hindari Menyentu area Wajah jika tangan kotor
4. Menjaga Jarak
5. Kurangi Kontak Fisik dengan Petugas, dengan print bording pass online
6. Membawa handsanitizer personal dan tisu
7. Mengikuti semua Prosedur yang telah di tetapkan dalam Penerbangan New Normal.

Terimakasih, Semoga bisa menjadi informasi tambahan untuk Sahabat yang akan melakukan perjalan dalam waktu dekat, ikuti semua prosedur yang ada dan selalu menerapkan protokol kesehatan.

STAY SAFE AND HEALTHY – ENJOY FLIGHT

No comments