UPDATE!!

Backpackeran Ke Nusa Penida, Bali

HELLO SAHABAT TRAVELER’S
Kali ini, Saya akan share perjalanan Saya ke Nusa Penida – Bali dan berbagi tips Solo Traveling ke Nusa Penida. Perjalanan ini Saya mulai dari Jakarta (CKG) pukul 6:00 pagi, dengan maskapai Sriwijaya Air yang Saya dapat dari Traveloka dengan harga pulang-pergi Rp 1.200.000,-. Perjalanan Jakarta - Bali menempu waktu kurang lebih dua jam, dan ada perbedaan waktu satu jam lebih cepat untuk waktu Bali.
Pukul 09:15 pagi, Saya tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, dan Saya langsung menuju Pelabuhan Sanur untuk menyeberang ke Pelabuhan Toya Pakeh - Nusa Penida.
Dari Bandara ke Pelabuhan Sanur dalam waktu 35 menit mengunakan Gojek dengan biaya ongkos Rp 120.000,- termasuk parkir Bandara dan Pelabuhan.
EL REY JUNIOR
Sampai di Pelabuhan Sanur, Saya menuju loket tiket Fastbout Pelabuhan Sanur - Pelabuhan Toya Pakeh - Nusa Penida. Untuk Fastbout, Saya menggunakan El Rey Junior dengan harga Rp 100.000,- satu kali penyebrangan. Dengan jam keberangkatan 10:45 pagi.
Perjalanan Ke Pelabuhan Toya Pakeh - Nusa Penida, dalam waktu 45 menit. Fastbout cukup nyaman dan luas. Tidak berdesak desakan, Kita lebih dapat menikmati perjalanan dengan bersantai.

Sampai di Pelabuhan Tayapakeh - Nusa Penida pukul 11:50 siang dan Saya di jemput oleh Kang Dayat. Kang Dayat yang menyediakan Jasa Tour Guide dan Sewa Motor/Mobil untuk berkeliling di Nusa Penida, Sahabat bisa meminta bantuan Kang Dayat jika berlibur di Nusa Penida.
Saya menyewa Motor dari Kang Dayat seharga Rp 75.000,-/hari yang Saya gunakan untuk berkeliling selama di Nusa Penida. Harga ini masih sangat murah jika di bandingkan dengan jasa sewa yang lain.
NASI CAMPUR
Tujuan Pertama Saya, Kelingking Beach. Untuk sampai ke Kelingking Beach dari Pelabuhan Toyapakeh memakan waktu satu jam perjalanan dengan menggunakan motor. Jalan menuju Kelingking Beach masih cukup bagus dan lancar. Sampai di Kelingking jam 1:00 siang. Harga tiket masuk Kelingking Beach dan parkir seharga Rp11.000,-. Sampai di Kelingking Beach, Saya beristirahat dan makan siang, terdapat banyak kedai makanan yang menyediakan bermacam-macam menu, jadi Sahabat tidak perlu khawatir, tetapi untuk harga relatif lebih tinggi sedikit dibandingkan dengan harga diluar tempat wisata. Sahabat bisa membawa makanan dan minuman agar lebih baik dan hemat.

Setelah selesai beristirahat, Saya melanjutkan ke Spot Photo di Kelingking Beach. Ini adalah spot yang iconic banget di Nusa Penida dan ramai jadi sasaran untuk berphoto bagi para pengguna Instagram, Saya pun tidak mau ketinggalan untuk dapat berphoto disini dan di Post di Instagram, biar keginian gitu..Hehe

Untuk yang kuat, Sahabat bisa jalan turun kebawah untuk menikati keindahan yang berbeda, explore Kelingking Beach secara keseluruan, bermain air dan mendapatkan spot photo yang mangkin keren lagi. Karna Saya tidak kuat untuk turun kebawah, karna telah berjalan cukup jauh dan merasa sudah cukup menikmati keindahan Kelingking Beach, saya melanjutkan perjalanan ke Angel Billabong dan Broken Beach.
ANGEL BILLABONG
Perjalanan dari Kelingking Beach ke Angel Bilabong dan Broken Beach dalam waktu +45 menit dan kondisi jalan masih sangat baik dan lancar. Untuk harga tiket masuk dan parkir di Angel Billabong dan Broken Beach seharga Rp 10.000,- saja. Beruntung saat Saya berkunjung kesini, pengunjung sedang tidak terlalu ramai dan kondisi air ombak tidak tinggi jadi Saya bisa turun untuk bermain air.
BROKEN BEACH
Untuk ke Broken Beach, Kita hanya perlu berjalan kaki kurang lebih 5 menit dari Angel Billabong, sampai di Broken Beach terasa sangat menyegarkan, masih banyak pepohonan hijau dan air yang jernih.
BUTTERFLY BUNGALOW
Puas keliling Angel Billabong dan Broken Beach, Saya melanjutkan perjalanan ke Hotel untuk proses check-in. Hotel Saya terletak dikawasan Crytal Bay. Butterfly Bungalow Nusa Penida dengan harga Rp 230.000/malam include.
CRYTAL BAY BEACH
Sampai di Hotel Pukul 4:00 sore, beristirahat dan bersih bersih. Pukul 5:30 sore, Saya lanjut perjalanan ke Crytal Bay Beach untuk menikmati sunset. Perjalan ke Crytal Bay hanya 5 menit dari Hotel.
Puas menikmati Sunset dan bersantai, saya melanjudkan makan malam dan istirahat dan melanjudkan perjalanan di esok harinya (BacaSelengkapnya Disini). Sahabat bisa check video di atas untuk melihat perjalanan hari pertama di Nusa Penida.